Cara Memindahkan Aplikasi ke SD
Foto : getty images

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi ke kartu SD, Anda dapat menggunakan beberapa metode. Pertama, Anda dapat menggunakan Link2SD. Alat ini memungkinkan Anda memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD. Anda juga dapat menggunakan init.d untuk memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD. Ini adalah cara tercepat untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD

Menggunakan Link2SD

Menggunakan Link2SD adalah cara yang bagus untuk memindahkan aplikasi dari perangkat Anda ke kartu SD Anda. Ini memungkinkan Anda untuk menginstal dan menghapus aplikasi dengan mengklik tombol. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa kartu SD Anda memiliki cukup ruang untuk semua aplikasi yang ingin Anda transfer. Jika tidak, Anda harus memformat dan melepasnya.

Link2SD tersedia untuk diunduh dari Play Store. Ini memiliki versi gratis dan upgrade berbayar. Ini mendukung Android versi 2.3 dan lebih tinggi. Apakah Anda memilih untuk me-root perangkat Anda atau tidak akan bergantung pada aplikasi mana yang ingin Anda pindahkan.

Menggunakan penyimpanan internal

Jika Anda kehabisan ruang penyimpanan internal di ponsel Android Anda, Anda mungkin memiliki solusi untuk mengosongkan ruang di perangkat Anda: pindahkan aplikasi ke kartu SD Anda. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mencoba ini. Pertama, penting untuk membuat cadangan kartu memori Anda. Jika tidak, Anda akan mendapati bahwa perlu waktu lama untuk mentransfer aplikasi Anda.

Untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD, Anda memerlukan akses root dan Android SDK Tools. Di Alat SDK, Anda dapat mengatur direktori home ke kartu SD Anda. Versi Android yang lebih lama memungkinkan Anda melakukan ini tanpa rooting, tetapi versi yang lebih baru memerlukan akses root. Terakhir, Anda harus tahu aplikasi mana yang ingin Anda pindahkan ke kartu SD. Game, misalnya, adalah kandidat utama untuk opsi ini. Lagi pula, mereka tidak menangani banyak tugas penting, dan mereka menggunakan paling banyak ruang.

Baca Juga :  Cara Download Aplikasi yang Tidak Ada di App Store

Menggunakan init.d

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi ke kartu SD tetapi tidak memiliki cukup ruang di penyimpanan internal, Anda dapat menggunakan solusi pihak ketiga yang disebut Link2SD. Ini dapat membantu Anda memigrasikan semua aplikasi Anda. Namun, Anda harus terlebih dahulu me-root ponsel Anda. Setelah Anda memiliki akses root, Anda dapat menjalankan alat ini.

Alat ini gratis dan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan init.d. Sebagai permulaan, ini mendukung booting dengan kartu SD keluar, yang membuatnya lebih aman. Ini juga memungkinkan Anda untuk memindahkan skrip ke beberapa perangkat. Selain itu, ditulis oleh programmer berpengalaman dengan pengalaman bertahun-tahun. Itu tidak dirancang untuk melakukan fungsi yang tidak berharga, jadi aman untuk Anda gunakan.

Memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke kartu SD

Pengguna Android memiliki beberapa opsi untuk memindahkan aplikasi dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal. Pertama, mereka harus masuk ke pengaturan aplikasi di perangkat mereka. Di menu, temukan dan pilih opsi yang sesuai di bawah Penyimpanan. Anda kemudian dapat memilih apakah akan memindahkan aplikasi ke kartu SD, penyimpanan USB, atau penyimpanan eksternal. Namun, ada beberapa aplikasi yang tidak dapat dipindahkan. Jika ini masalahnya, Anda dapat melakukan root pada perangkat Anda untuk memaksanya.

Opsi kedua adalah menggunakan penggerak aplikasi. Alat-alat ini gratis atau memiliki versi premium. Mereka berguna untuk memindahkan aplikasi yang biasanya tidak didukung oleh sistem operasi. Namun, terkadang mereka menimbulkan masalah saat berlari. Mereka juga lebih efektif jika ponsel Anda di-root.

Leave a Reply

Your email address will not be published.