Cara Mengedit Foto Dengan Aplikasi Lightroom
Foto : pixabay

5 Cara Mengedit Foto Dengan Aplikasi Lightroom

Lightroom adalah perangkat lunak pengedit gambar yang memungkinkan Anda mengedit foto. Ini memiliki berbagai alat yang dapat Anda gunakan. Beberapa alat ini termasuk alat Eksposur, pipet keseimbangan putih, Pengeditan selektif, dan alat pengeditan Warna. Anda dapat menggunakan salah satu alat ini untuk membuat foto Anda terlihat terbaik.

5 Cara Mengedit Foto Dengan Aplikasi Lightroom

Alat eksposur

Alat Eksposur di aplikasi Lightroom Adobe memungkinkan Anda menyesuaikan kecerahan foto. Alat ini berguna saat foto kurang terang. Meskipun meningkatkan kecerahan foto yang kurang terang akan menghasilkan gambar yang sama dengan foto yang terekspos sempurna, Anda tidak dapat memulihkan gambar jika terlalu terang.

Untuk menggunakan alat Eksposur, buka Lightroom dan buka foto untuk diedit. Kemudian luncurkan aplikasi Exposure dengan mengklik kanan pada gambar dan memilih ‘Edit in’. Menu akan menampilkan berbagai opsi pengeditan. Dalam dialog ‘Edit dalam’, pilih ‘Edit dalam Paparan’. Setelah memilih opsi ini, klik Edit salinan gambar yang dipilih, lalu klik tombol ‘Penyesuaian’.

Penggeser Eksposur di aplikasi Adobe Lightroom memungkinkan Anda menyesuaikan kecerahan dan kontras gambar. Penyesuaiannya tidak merusak, artinya tidak akan memengaruhi kualitas gambar. Penggeser Eksposur terletak di dekat bagian atas panel Dasar di modul Kembangkan. Seret penggeser ke kanan atau kiri untuk menyesuaikan eksposur.

White balance eyedropper

Untuk menggunakan penetes mata White balance di Lightroom, pertama-tama Anda harus menemukan titik netral pada gambar Anda. Titik netral ini bisa berupa warna alami apa saja. Pastikan Anda memilih titik yang berada di antara warna hijau dan magenta untuk menghindari area yang terlalu jenuh. Setelah Anda menemukan area netral, pindahkan penggeser suhu warna ke kisaran tersebut untuk menyesuaikan keseimbangan putih. Setelah Anda mengatur white balance, Anda akan melihat pratinjau gambar Anda.

Baca Juga :  3 Cara Buka Aplikasi Tak Dikenal di Mac

Setelah Anda menemukan area yang ingin Anda jadikan white balance, Anda dapat mulai mengedit. Untuk melakukan ini, cukup seret jari Anda melintasi layar. Lightroom akan menggunakan area ini sebagai referensi untuk melakukan penyesuaian. Jika Anda secara tidak sengaja menyeret pipet ke area putih bersih, perangkat lunak akan meminta Anda untuk memilih area netral yang berbeda dan lebih gelap.

Alat pengeditan warna

Ada sejumlah alat di aplikasi Lightroom untuk membantu Anda meningkatkan warna foto Anda. Penggeser Hue dan Saturation adalah alat utama untuk tugas ini, tetapi Anda juga dapat menggunakan kontrol Global untuk menerapkan penyesuaian rona warna di ketiga rentang tonal. Dengan cara ini, Anda dapat menyempurnakan warna dan membuatnya terlihat lebih hidup atau tenang.

Penggeser Hue, Saturation, dan Luminance semuanya terletak di bagian bawah layar. Pengguna dapat mengetuknya untuk mengubah warna tertentu dari foto. Penggeser Hue menggantikan warna tertentu dengan warna yang berdekatan, sedangkan penggeser Saturasi meningkatkan intensitas warna tertentu. Pengguna juga dapat desaturate semua saluran warna untuk mencapai warna selektif.

Pengeditan selektif

Pengeditan selektif adalah cara yang bagus untuk mengubah area tertentu dari suatu gambar. Misalnya, Anda bisa menggelapkan sesuatu atau menambahkan tepi lembut ke wajah. Anda juga dapat mengubah warna, ketajaman, noise, atau white balance. Pengeditan selektif juga memungkinkan Anda untuk memudarkan efek melalui gambar.

Lightroom menyediakan berbagai alat untuk melakukan pengeditan selektif, dan cara cepat dan mudah untuk menyesuaikan gips warna. Aplikasi ini juga memiliki alat untuk suhu, warna, dan optik. Eyedropper white balance juga merupakan alat yang berguna untuk ini, karena Anda cukup menyeret jari Anda melintasi pemandangan. Alat ini akan mengambil bagian dari gambar yang Anda pilih sebagai referensi untuk sisa gambar.

Baca Juga :  5 Aplikasi Feeds Instagram Keren

Pengeditan selektif dengan Lightroom Mobile bekerja dengan cara yang sama. Setelah menerapkan pengeditan, Anda akan melihat berlian biru di atas area yang terpengaruh. Anda dapat mengedit atau menghapus pengeditan selektif kapan saja. Seperti halnya proses pengeditan di Lightroom versi desktop dan seluler, pengeditan selektif dengan Lightroom Mobile tidak merusak, sehingga Anda dapat membatalkan perubahan dan kembali ke keadaan asli gambar Anda kapan saja.

Preset

Jika Anda ingin menghemat waktu saat mengedit foto, Anda mungkin ingin mencoba menggunakan preset. Preset membuat proses pengeditan lebih cepat dengan mengotomatiskan sebagian besar proses. Pengaturan ini dapat memberikan gambar Anda tampilan yang Anda inginkan tanpa membuang waktu berjam-jam. Namun, Anda harus menggunakan preset dengan hati-hati untuk memastikan mereka ideal untuk foto Anda.

Untuk menggunakan preset, buka aplikasi Lightroom dan buka panel Presets. Selanjutnya, navigasikan ke koleksi preset favorit Anda dan ketuk preset yang ingin Anda terapkan. Anda juga dapat bereksperimen dengan preset yang berbeda dengan membuka salinan foto dan menerapkan yang berbeda. Lightroom akan mengingat preset Anda sehingga Anda tidak perlu memulai dari awal setiap kali ingin mengedit foto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.